//
you're reading...
Uncategorized

Aljabar susah?

Suatu hari….

Hingga jam setengah 9 malam ditunggu, nih anak koq belum datang. Akhirnya kutegur “mau belajar math jam berapa kak?” Ya, hari itu adalah jadwal belajar math dan masih tetap sama mama, belum mau pindah ke lain hati. Xixixixi…

Tahu siih, anak mama-papa yg satu ini memang rada alergi math .

I hate math

Atau

Wanna borrow my book? No need to bring back, it’s math book.

Atau ungkapan sejenisnya baik lisan maupun tulisan.

“Hari ini Aljabar ya ma? Kata kak (siapa gitu) susah banget” sambil menarik nafas panjang.

“Tahu nggak siapa penemu aljabar? Tahu gak buat apa belajar aljabar?”.

Akhirnya kami berselancar mencari tahu siapa penemu aljabar dan buat apa belajar aljabar.

Screenshot_2019-03-01-00-40-18-867_com.android.chrome

https://www.biografiku.com/biografi-al-khawarizmi/

Ya, aljabar ditemukan seorang ilmuwan muslim dan itu berabad-abad lalu, saat listrik belum ada, saat semua masih serba manual.

Adalah alkhawarizmi, dengan nama lengkap Muhammad bin Musa Al Khawarizmi. Dia juga adalah penemu angka nol. Tahukah kau apa pentingnya angka nol? Tahu angka romawi? I, II, III, IV, V, VI, VII, VIII, IX, X, XI, XII dan seterusnya. Tahu betapa ribetnya menjumlah, mengurangkan angka romawi? apalagi mengalikan membagi dan operasional hitung yang lebih komplek lagi. Dilan aja gak bakal kuat alehandro .

Alajabar digunakan di hampir semua disiplin ilmu. Luar biasa dampaknya pada ilmu pengetahuan. Mesin mobil, pesawat, pengobatan, ekonomi, biologi dan lainnya sangat membutuhkan aljabar.

Tidak harus menjadi ahli matematika untuk mempelajari aljabar (yg beginian perlu ditekankan, karena kakak pernah bilang gak mau jadi ahli matematika ????), minimal kita belajar logika dasarnya, itu penting untuk melatih cara berpikir otak kita.

Kadang kita tetap harus menjalani sesuatu yang tidak kita suka, justru itulah belajar.

Closing statement emak setelah 15 menit cerita alajabar.

“Apa alkhawarizmi juga terinspirasi dari AlQuran sama kayak ibnu sina?”

Eeaa… kapan belajar aljabarnya nih.

Ini pasti gara-gara tugas dua pekan lalu, kakak menulis tentang inspiring inventor dalam pelajaran bahasa Inggrisnya. Setelah mencari-cari jatuhlah pilihan ke ibnu sina. Alasannya sederhana, ya pasti penemuannya penting banget lah, sehat kan penting banget. Hoo yayaya…

Karena cakupan tulisan meliputi short biography , how important the invention, where was the inventor get inspired, How the influence to modern science.

“Jadi dari AlQuran ya ma? Koq bisa ya?”

Mereka para ilmuwan yang lahir di jaman kejayaan Islam, dimana ajaran Islam sudah mendarah daging dalam kehidupan sehari-hari. Jaman itu gak heran saat ada anak 8 tahun hafal AlQuran. Yang tentunya saat usia belasan tahun anak-anak ini sudah belajar tafsir dan berbagai ilmu lainnya. AlQuran kaya akan ilmu pengetahuan, yang suka angka dia akan fokus mengembangkan ilmu berhitungnya berdasarkan AlQuran, yang suka kesehatan mengembangkan ilmu kedokteran berdasarkan AlQurannya. Yang suka luar angkasa mempelajari lebih mendalami ayat-ayat astronomi. Yang suka seni, bahasa AlQuran itu luar biasa tinggi. Dan lain-lain.

Bahkan Mark Zukerberg pendiri facebook bilang kalo buku favoritnya adalah Almukaddimah karya ibnu sina yang kalo orang bule memanggilnya avecina.

Tik.. tok… setengah jampun berlalu… kapan ini masuk materinya, mata sudah 5 watt, krucils sudah pada bobok, bantal sudah awe-awe. ZzzZzzz

Hari ini kita belajar pendahuluannya aja ya, biar kakak punya bayangan dan dapat logikanya. Kita main pembuktian aja, okey?

IMG_20190301_130442

Akhirnya sampai disini saja belajar malam itu. Huwaaaa…. dan yang kayak begini gak sekali dua kali kejadian. Emak berusaha legowo, kesampingkan target kurikulum untuk sementara waktu, santaiiii… Meski tetep deg-degan, nyampek gak ya materinya buat UN? Nah lho, emaknya perlu dijewer, INGA’ INGA’ belajar bukan buat UN.

Ciyeee…

Setiap hati belok dan grusa grusu memaknai arti belajar, diingatkan kembali ke tujuan awal kenapa gak menyekolahkan anak-anak.

Terkadang kau tak mendapatkan hasil belajar sesuai yang kau inginkan, tapi sejatinya tak mendapatkan hasil yang sesuai adalah proses belajar itu sendiri.
-quote of emak-

#ngeles ? Biarin

 

 


Comment please..

Discussion

No comments yet.

Leave a Comment

Your email address will not be published.


− 5 = two

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>