//
you're reading...
Public Health, Recipes

Sedap Tanpa Penyedap

Setiap istri atau ibu pasti ingin masakannya disukai suami dan anak-anak. Untuk masakan yang berbahan dasar ayam, ikan, daging, udang tak akan susah menciptakan rasa gurih dalam masakan. Tapi kalo bahan dasarnya sayur, tahu, tempe perlu sedikit “diakali” agar rasa gurih tetap ada dalam masakan.

Sebenarnya gampang aja bikin masakan gurih, sedap dan enak,selain bumbu cukup kasih penyedap alias vetsin alias MSG pasti langsung enak. Cuma tentunya kita sendiri tahu efek yang disebabkan MSG tidak sedikit. Kita “akalin” yukk, biar masakan bisa tetap sehat tanpa penyedap.. :)

  • Jangan Lupa bumbu dan garam (ya iyalah.. kalo yang ini mah kagak usah diingetin)
  • Tambahkan sedikit gula
  • Tambahkan tomat masak (karena tomat masak mengandung glutamat)
  • Jika memungkinkan, tambahkan udang, ebi atau terasi.
  • Tapi buat yang alergi terhadap udang dan kawan-kawannya, bisa ditambahkan kaldu, baik kaldu ayam maupun daging. (wuikk.. mahal amat, setiap bikin sayur mesti beli ayam atau daging).  Untuk menghemat uang belanja, masakan tetap sehat dan sedap, ada beberapa tips (Terima kasih buat Uti ninis):
  1. Ketika kita memasak ayam goreng atau empal daging, tentunya sebeumnya ayam/daging harus diungkep terlebih dahulu bersama bumbu. Nah.. jangan dibuang air hasil ungkepannya, karena itu adalah kaldu ayam/daging+bumbu. Hmmm…rasanya gurih sekali. Jika kita memasak sayur Lodeh, sambal goreng tahu-tempe bisa kita tambahkan sebagian kaldu tersebut. InsyaAllah masakan akan lebih gurih.
  2. Jika kita hendak memasak daging (masak apapun)., seperti soto, rawon, krengsengan dan lain-lain. Rebus terlebih dahulu daging, ambil sebagian kaldunya untuk memasak sop esok hari.
  3. Ketika membuat nugget, frillet ayam akan menyisakan tulang dan sedikit daging yang melekat pada tulang ayam. jangan dibuang, rebus untuk mendapat nilai tambah kaldunya.

Tentunya sekali lagi ini adalah soal pilihan. Dan semoga kesehatan adalah pilihan kita. Ada yang mau menambahkan tips diatas? silahkan.. :)

 


Comment please..

Discussion

No comments yet.

Leave a Comment

Your email address will not be published.


7 + seven =

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>