//
you're reading...
Recipes

Resep Rendang Daging ‘versiKU’

sumber: http://www.resepmasakanindonesia.asia

Bahan:

1/2 kg Daging

Santan kental kurleb 3 gelas dari 2 butir kelapa

Bumbu:

10 Bawang merah

5 bawang putih

15 Cabe merah keriting (kalo gak suka pedas buang bijinya, kalo suka pedas tambahkan cabe rawit)

sesendok makan ketumbar

seibu jari lengkuas

10 biji kemiri (sengaja dibanyakin, biar dedaknya banyak, karena papa dhanank suka banget nyomotin dedaknya di meja makan)

2 batang serai

Haluskan semua bumbu diatas (saya pilih pake blender, lengkuas dan sereh sekalian)

4 lembar daun jeruk

2 lembar daun salam

4 lembar daun kunyit potong-potong 5cm-an
sesendok teh air asam

2 biji cengkeh

1/4 biji pala
3cm kayu manis (khusus untuk rempah-rempah, biasanya di tukang sayur dijual sachetan, Rp 500/sachet rempah untuk rendang)

Cara Masak:

1. Tumis bumbu yang dihaluskan, masukkan 3 daun tadi dan rempah-rempahnya

2. Setelah wangi dan bumbu matang masukkan daging, ungkep (papa dhanank gak suka kalo daging rendangnya keras, jadi ngungkepnya agak lamaan dan yang ini pake air dulu*)

3. Setelah daging empuk, masukkan santan kental **

4. Aduk-aduk sampai mau habis air santannya (karena daging sudah empuk dan santan benar-benar kental, 15 menit-setengah jam sudah jadi)

5. Kalo mau hitam beri tambahan santan yang disangrai sampai keluar minyaknya.***

 Note:

* Kalo langsung pake santan, harus ngaduk supaya gak pecah, gak bisa ngapa-ngapain dong, bisa sampe 2 jam di depan kompor¬† dan anak-anak bisa teriak-teriak kalo mamanya kelamaan di dapur hehehe…

** Cara mebuat santan kental “versiKU”
Kelapa yang sudah diparut (biasanya di tukang sayur kan sudah parutan) diblender lagi pake blender yang chopper bukan juicer. Cara ngeblendernya, satu gelas air pertama dipakai untuk memblender kelapa bergantian sampai kelapa habis,. Hasilnya kuwentellll. Satu gelas kedua untuk memblender kelapa yang sudah pernah diblender tadi sampai habis kelapanya, hasilnya masih kentel juga. Satu gelas ketiga juga begitu dan hasilnya lumayan kental. Setelah itu diamkan sebentar, kalo make ambil bagian atasnya (istilahnya dileropi, bingung bahasa Indonesianya apa). Kalo mau gampang, biasanya di pasar ada santan peras yang sudah jadi, beli aja sekilo, diamkan sebentar trus dileropi. Tidak direkomendasikan pake santan kemasan, kurang Greeeng rasanya :)

*** Di Pasar Depok Baru ada yang jual, setengah kantok plastik yang 1/4 kg harganya kurleb Rp.25.000. Mahal banget, dan gak butuh banyak kan? sayang kalo kebuang. Bisa diakalin ditambahin bumbu jadi sachetan yang bermerk itu tuh biar bisa hitam. Lagian ngeri banget lihat minyaknya, kebayang kolesterol jahat dimakanan kesukaan suami tercinta :(

 

 


Comment please..

Discussion

No comments yet.

Leave a Comment

Your email address will not be published.


eight × = 64

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>